Categories
News

Ciri Ciri Cacingan Pada Anak Sesuai Dengan Jenisnya

Anda cemas dengan banyaknya ciri ciri cacingan? simak ciri ciri cacingan sesuai dengan jenis cacing yang menyerang anak anda dan cara mencegahnya

Sehingga anda sebagai orang tua harus mewaspadai gejala anak terkena cacingan. Sedini mungkin cobalah kenali ciri ciri cacingan pada anak. Karena terlambat mengetahui penyakit cacingan pada anak bisa berakibat fatal. Tumbuh kembang anak terganggu, dan kesehatannya menjadi tidak optimal dalam belajar dan bersosialisasi di lingkungannya.

Berikut ciri ciri cacingan pada anak yang patut anda waspadai sebagai orang tua dan Ciri ciri ini berkaitan dengan jenis cacing yang menyerang anak, lalu apa sajakah itu?

1. Terasa gatal pada anus atau dubur

Serangan cacing kremi pada anak ditandai dengan gatal terus menerus di bagian anus atau dubur. Kemudian diikuti susah tidur karena serangan gatal-gatal dari anus.

Kadang karena seringnya digaruk, terasa nyeri dan sakit di bagian anus. Sehingga menyebabkan iritasi. Pada hasil penglihatan nyata, tinja anak terdapat cacing kremi. Atau biasanya dilakukan uji lab terhadap tinja.

2. Sering terasa nyeri pada perut

Serangan cacing gelang pada anak ditandai dengan batuk, nyeri perut, berat badan turun tidak wajar, lemah lesu, tampak cacing pada tinja, merasa mual-mual dan kadang muntah. Cacing gelang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi cacing gelang.

Cacing ini menjadi parasit di usus halus. Sehingga yang perlu anda waspadai adalah gejala terjangkiti cacing gelang tidak menunjukkan tanda-tanda khusus.

3. Mengalami diare

Serangan cacing gelang ditandai dengan diare pada anak, mual dan demam. Serta nyeri perut yang timbul hilang sehingga membuat bayi atau anak sangat rewel. Diikuti nafsu makan menurun, dan terkena anemia yang membuat anak terlihat pucat. Selain itu, ditemukan darah dalam tinja karena infeksi cacing di usus.

Cacing gelang menginfeksi di bagian usus dan mengigit usus dengan mulutnya. Sehingga menyebabkan anemia dan darah di tinja anak. Cacing ini bisa menyebar masuk melalui kuku kaki atau kuku tangan yang kotor.

4. Gejala Mual

Serangan cacing pita ditandai dengan gejala mual, kehilangan nafsu makan, nampak lemas dan lelah, penurunan berat badan dan jika infeksi meluas dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ. Serangan cacing pita disertai gejala umum yang tidak khas.

Sehingga anda harus mewaspadai serangan cacing jenis ini. Karena cacing pita bersarang di usus dengan mulutnya. Sementara tubuhnya terus memanjang di dalam usus dan memproduksi sel-sel telur.

Bagaimanakah Cara Mencegah Cacingan?

Karena seringnya anak-anak terserang infeksi cacing. Anda perlu menanamkan kebiasaan hidup bersih kepada anak-anak. Selain karena faktor rumah yang kotor, infeksi cacing juga bisa disebabkan karena pola hidup anak yang tidak bersih dan tidak menjaga kesehatan.

Ajarilah anak anda untuk mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan dan sebelum tidur. Mengganti celana dalam setiap hari, dan membersihkan alat kelamin seusai bermain atau sehabis buang air. Serta menjaga kebersihan kuku.

Selain kebersihan anak. Kebersihan keluarga dan rumah juga perlu dijaga. Cuci seprai, sarung bantal dan selimut seminggu sekali. Buka jendela kamar dan rumah setiap pagi. Serta pastikan anak mengerti bahwa air comberan dan tempat-tempat kotor bukanlah taman bermain. Sehingga mereka bisa terhindar dari penyakit cacingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *