Categories
News

6 Tips Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Paling Mudah

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional pertama yang digunakan sebagai alat komunikasi di dunia internasional.

Dewasa ini, memiliki kemampuan bahasa Inggris seperti menjadi tuntutan wajib yang harus dimiliki setiap orang terutama yang ingin menempuh pendidikan keluar negeri. Karena Kamu membutuhkan berbagai macam persyaratan seperti sertifikat IELTS, TOEFL maupun GMAT.

Bagi kamu pemula yang ingin belajar bahasa Inggris, tak perlu takut untuk memulai karena ada banyak cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Fasih dalam berbahasa Inggris pun akan memberikan banyak keuntungan karena kamu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan siapa saja di dunia internasional baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan, sosial, politik, maupun pariwisata.

Informasi-informasi secara global yang dimuat dalam bahasa Inggris pun bisa dengan lebih mudah kamu pahami sehingga wawasan dan pengetahuan yang kamu miliki bisa lebih luas.

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris bukan sesuatu yang sulit selama kamu tekun dan rajin berlatih. Tidak harus mengambil kursus atau les bahasa Inggris yang mahal untuk membantu kamu dalam proses belajar bahasa asing ini. kamu bisa belajar secara otodidak dengan mudah dan efektif seperti cara-cara berikut ini:

1. Mendengarkan lagu bahasa Inggris dan pahami makna liriknya

Cara yang paling mudah yang dapat membantu kamu meningkatkan kefasihan bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang notabene memiliki susunan kalimat yang singkat.

Pahami makna dari lirik yang terkandung di dalamnya dan pelajari bagaimana kata-kata yang ada dalam kalimat tersebut disusun dengan grammar yang tepat.

2. Menonton film barat tanpa subtitle

Jika merasa kesulitan karena masih tahap awal belajar bahasa Inggris, kamu bisa memilih subtitle yang berbahasa Inggris. Pelajari bagaimana pronounciation atau pelafalan yang diucapkan setiap pemeran dalam film tersebut dan pahami bagaimana jalan ceritanya.

Jika sudah paham, kamu bisa memulai menonton film barat tanpa subtitle sedikitpun di ruangan tamu atau pada ruangan kamar tidur dan Kamu juga bisa sambil menikmati cemilan.

Karena hal ini akan membantu kamu agar lebih konsentrasi dalam memahami jalan cerita dari apa yang kamu dengarkan saat menonton film tersebut.

3. Membaca dan menulis artikel dalam bahasa Inggris

Membaca dan menulis seperti kegiatan satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Seseorang bisa lebih mudah menulis artikel atau teks juga memiliki penguasaan kosakata yang baik yang bisa didapatkan dengan cara membaca. Perbanyaklah membaca teks berita atau artikel informasi yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Jika masih belum paham dengan arti kalimat atau paragraf dalam artikel tersebut maka sediakan kamus untuk membantu kamu menerjemahkan arti dari kata dalam bahasa Inggris yang tidak diketahui.

Setelah itu, kamu bisa mencoba mempraktekkan bagaimana menulis bahasa Inggris dengan grammar yang benar agar semakin terlatih dalam menggunakan bahasa Inggris.

Tidak harus dalam bentuk kalimat dan paragraf yang panjang seperti layaknya sebuah laporan penelitian. Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang sederhana yang bisa kamu lakukan seperti menulis status di media sosial, mengirim pesan kepada teman, menulis surat, atau menulis artikel di blog.

4. Menggunakan aplikasi

Di era digital ini sudah banyak sekali aplikasi software yang bisa diunduh dengan mudah baik melalui smartphone maupun komputer untuk belajar bahasa Inggris. Dalam aplikasi tersebut terdapat banyak tools yang bisa memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris. Mulai dari pemahaman kosakata, grammar, pronounciation, hingga latihan percakapan langsung dengan native speaker.

5. Catat dan hafalkan vocabulary

Vocabulary atau kosakata merupakan materi utama yang harus dikuasai saat mempelajari bahasa Inggris. Karena kosakata merupakan komponen utama yang digunakan untuk menyusun kalimat.

Kamu bisa mulai memperkaya pengetahuan tentang vocabulary kamu dari benda-benda yang ada sekitar. Catat dan hafalkan setiap hari dengan menyebut benda-benda tersebut menggunakan bahasa Inggris. Contohnya seperti kata table, chair, dining room, pan, refrigerator, park, glass, pillow, bed, dan lain sebagainya.

6. Melakukan diskusi bersama teman

Dalam mempelajari bahasa Inggris, teori saja tidak cukup karena kamu harus sering berlatih mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar semakin fasih. Kamu bisa mengajak teman untuk melakukan diskusi bersama membahas suatu topik tertentu dalam bahasa Inggris. Lakukan percakapan yang komunikatif dua arah sehingga kamu bisa menjadi pembicara sekaligus pendengar dalam percakapan tersebut.

Jika sudah melakukan tips dan cara belajar bahasa Inggris untuk pemula tersebut, maka lakukan secara terus-menerus. Karena suatu kemampuan atau skill akan semakin lancar dan fasih jika terus-menerus diasah.

Sehingga jangan pernah cukup puas melakukan cara tersebut dalam sekali waktu saja, tapi cobalah berulang kali. Semakin tekun dan rajin dalam berlatih bahasa Inggris, maka fasih dalam berbicara, menulis, maupun mendengarkan bahasa Inggris pun bukan hal yang mustahil.

Dan misalkan hasilnya belum maksimal maka Kamu bisa mengikuti dan mendaftar di tempat kursus bahasa Inggris, karena dengan mengikuti kelas kursus bahasa Inggris pengetahuan Kamu dapat bertambah dan ilmu bahasa Inggris yang dipejari bisa langsung cepet dicerna, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *