Categories
News

8 Kelompok Industri Diuntungkan IA-CEPA

[JAKARTA] Sebanyak delapan kelompok industri manufaktur akan diuntungkan oleh K e m i t r a a n E k o n o m i Komprehensif IndonesiaAustralia atau Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Kedelapan subsektor itu adalah otomotif, kayu dan turunannya, seperti mebel, lalu tekstil dan produk tekstil, ban, alat komunikasi, obat-obatan, permesinan dan peralatan elektonik, serta makanan dan minuman (mamin) olahan. Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja menuturkan, dengan perjanjian itu, produk manufaktur Indonesia akan memiliki daya saing yang lebih baik dan kompetitif di Australia.

Sebab, Australia bersedia memberikan tarif bea masuk (BM) 0% untuk komoditas impor asal Indonesia. Alhasil, ekspor manufaktur Indonesia ke Negeri Kanguru bisa meningkat. “Industri otomotif, kayu dan turunannya, seperti mebel, lalu tekstil dan produk tekstil, ban, alat komunikasi, obat-obatan, serta permesinan dan peralatan elektonikbisa memacu ekspor ke Australia, karena mendapatkan kesempatan tarif yang lebih baik.

Selain itu, potensi pasar Australia besar,” kata dia, di Jakarta, Selasa (4/9). Diuntungkan Sementara itu, dia menerangkan, industri mamin diuntungkan oleh kemudahan akses bahan baku dari Australia, seperti gandum dan gula rafinasi. Itu artinya, IA-CEPA positif untuk mengerek ekspor sekaligus memudahkan industri mendapatkan bahan baku. Dia melanjutkan, IACEPA tidak hanya menguntungkan manufaktur, melainkan juga sektor jasa, dalam hal ini tenaga kerja Indonesia. Sebab, dalam kemitraan itu, terdapat poin transfer pengetahuan dan teknologi di bererapa sektor seperti rekayasa, kesehatan, dan pendidikan. Saat ini, sudah ada pendidikan vokasi dengan Australia untuk pertukaran tenaga kerja. Selain itu, Ausralia akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi bersama untuk dipasarkan ke negara ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *